Senin, 09 Mei 2016

Peduli Sampah di Car Free Day Jakarta

Baru kali ini bisa mengikuti car free day di Sudirman Jakarta. Berangkat dari stasiun Depok menuju stasiun Sudirman bersama kekasih tercinta menikmati udara pagi Jakarta sambil olah raga. Begitulah niatnya.

Sampai di stasiun Sudirman, kami berjalan kurang lebih 5 menit menuju lokasi di selenggarakannya kegiatan car free day. Kami naik tangga jalan, sampai di atas, Nampak keramaian lalu lalang orang dengan aktivitasnya masing-masing.

Berjalan santai sambil mengobrol, berlari-lari kecil, menggerak-gerakan badan, bernarsis ria, duduk di pinggir jalan, senam bersama, menjadi pemandangan utama di kegiatan ini.

Tadinya dalam benakku kegiatan car free day yaa tok berurusan dengan olah raga atau jalan santai. Ternyata eh ternyata, beragam aktivitas warga tumplek blek di area jalan Sudirman.

Selain yang ku sebutkan di atas, banyak kegiatan yang jauh dari pikiran. Berdagang, menjual jasa, hiburan seperti memakai kostum ondel-ondel dan tokoh kartun, promo komunitas, ada aksi debus dan masih berlakunya aktivitas bus way di koridornya. Ini sungguh di luar dugaan (norak banget yaa, ngga up date nih yang nulis. Haha)


Senang bisa bersama
Tak pandang apa pun
Ceria bercengkrama
Melepas segeala penat usai bekerja
Bahagia jiwa dan raga
Olah fisik dan rasa

Tapi satu kesedihan muncul, saat mendapati masih saja ada sampah berserakan di sepanjang jalan yang saya lalui, meski volumenya kecil. Namun sungguh di sayangkan. Ternyata masih ada yang belum peduli membuang sampah di tempatnya. Mungkin karena fasilitas tong sampah yang belum tersedia. Sebab, sepanjang ku amati dari rute bundaran HI menuju stasiun Sudirman hanya satu ku dapati tong sampah. Itu pun di bawa oleh seorang petugas. Jadi ironiskan?

Apalagi melihat sampah di pinggir jalan yang habis di gunakan beristirahat oleh peserta car free day. Ada saja yang meninggalakan jejak sampah di lokasi itu.

Sepertinya pihak yang berwenang dalam car free day perlu menyediakan tempat sampah di sepanjang jalan rute car free day. Berharap dengan tersedianya fasilitas tersebut membuat kesadaran orang yang ingin membuang sampah supaya membuang pada tempatnya.

Aku bukan sok bersih
Aku bukan sok suci
Aku hanya bersedih
Melihat sampah berserakan
Mengotori ini negeri

Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters