Jumat, 18 Maret 2022

Biawak Termasuk Jenis Kadal Atau Ular?

 
Gambar miliki pribadi

Dkil's- Seorang kawan mengirimkan foto seekor biawak yang tiba-tiba ada di dalam rumahnya. Tepatnya di bagian dapur. Entah dari mana asalnya biawak itu datang tahu-tahu sedang bersembunyi di belakang rak tempat penyimpanan piring. Beberapa waktu lalu juga pernah rumah kawan tersebut kedatangan ular. Tepatnya anak ular sanca. Persis seperti ditemukannya biawak, anak ular sanca pun di temukan di bagian dapur.

Sepertinya rumah kawan saya itu menjadi tempat yang nyaman buat binatang-binatang yang mungkin habis kehujanan. Cari tempat berteduh yang bisa menghangatkan tubuh. Mungkin itu alasan para binatang datang. Hahahaha...

Kembali kepada binatang biawak yang akhirnya bisa ditangkap oleh om Bowo. Melihat ukurannya seperti biawak usia dewasa, bukan lagi anak-anak. Saat saya perlihatkan ke anak, ia terkejut melihat binatang biawak tersebut. Lantas bertanya, "Biawak binatang apa Ba?"

Karena minim referensi, saya pun menjawab seadanya, "Biawak itu abangnya kadal. Mirip buaya tapi agak kecil." 

Anak saya masih penasaran, lantas bertanya lagi, "Itu kok mulutnya dipegang? galak yaa biawak?"

"Iyaa suka gigit, makanya ntar mulutnya diiket." Jawab saya sekenanya.

Lantas saya segera mencari informasi terkait binatang biawak. Dalam penelusuran saya dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Biawak adalah sebangsa kadal berukuran menengah dan besar yang tersebar di daerah beriklim panas dan tropis AfrikaAsia, dan AustraliaJenis biawak terbesar dan terkenal di dunia ialah komodo (Varanus komodoensis), yang panjangnya dapat melebihi 3 m. Biawak ini memburu hewan-hewan berukuran menengah dan besar seperti rusababi hutan dan anak kerbau. Bahkan ada kasus-kasus Komodo menyerang manusia, meskipun jarang.

Masih penasaran saya menelusuri kembali berapa website untuk menemukan hal-hal lain dari biawak ini. Diantaranya saya dapatkan data berdasarkan https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-unik-biawak-c1c2-1 bahwa biawak lebih mirip dengan ular dari pada kadal.

Hal ini berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki biawak mirip dengan ular, diantaranya terdapat lidah yang bercabang. Fungsi lidah biawak sama dengan ular sebagai alat pendeteksi aroma mangsanya saat berburu. Selain itu, biawak juga akan mendesis jika sedang terancam dari bahaya. Kemiripan lain yaitu tidak mampu menumbuhkan kembali ekor yang putus, padahal kadal lain jika ekornya putus maka akan kembali tumbuh.

Terlepas keunikan yang dimiliki biawak sebagai hewan sebangsa kadal namun memiliki kemiripan dengan ular, saya jadi bertanya, apakah anak ular dan biawak yang masuk rumah teman kemarin itu masih saudaraan yaa hingga mereka berkunjung ke rumah itu?

Hahahahaha




Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters