Selasa, 28 Maret 2023

Ramadhan Datang Emak Kecelakaan

Dokumen Pribadi

Dkils- Bulan ramadhan selalu dinantikan kehadirannya oleh umat muslim di manapun berada. Semua menyambut dengan penuh suka cita.  Kegembiraan terlihat di mana saja. Di kampung biasanya ditandai dengan adanya kegiatan bebersih Masjid atau Mushola. Bahkan ada juga yang membersihkan rumah. Ada juga yang mengadakan kegiatan pawai obor keliling kampung. Di sekolah biasanya ada kegiatan tarhib ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa.

Hal ini karena memang tradisi menyambut tamu mulia bernama ramadhan dianjurkan sebagaimana bunyi hadis Nabi "Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan ramadhan, maka Allah swt akan haramkan tubuhnya terbakar oleh api neraka."

Sementara Emak, satu hari menjelang datangnya bulan ramadhan justru mendapatkan musibah alias kecelakaan. Sungguh mengiris hati saat mendengar kabar dari Kakak kalau Emak terjatuh dan kini tak bisa berdiri apalagi untuk berjalan.

Ramadhan yang penuh kegembiraan hilang menjadi kesedihan, terutama bagi Emak. Biasanya ia akan pergi tarawih di mushala, kini tak bisa. Setiap subuh membaca Quran bersama jamaah ibu-ibu di Majlis Ta'lim Nurul Muslimat, tak lagi bisa dihadiri. Ketukan-ketukan alu untuk membuat kue uli, tak lagi terdengar dari dapur.

Emak terbaring di atas kasur. Menjalani hari-hari di bulan ramadhan tahun ini di ruang tengah rumah. Tak bisa kemana-mana.

Lebih menyedihkan lagi, dua hari sejak Emak terbaring menyusul kemudian Bu Ncek (adik Emak) ikut terbaring sakit di samping Emak. Selang infus menghiasi tubuh Bu Encek. Menurut keterangan Dokter, Bu Ncek sakit lambungnya. Sementara menurut keluarga, Bu Ncek sawan atau ketempelan makhluk halus sepulang dari ziarah ke makam keluarga.

Entahlah apa penyebab sebenarnya dari sakit Bu Ncek, yang pasti sungguh sangat menyedihkan. 

Kedua orang tersayang harus terkapar di bulan mulia. Tak bisa beraktivitas sebagaimana tahun-tahun berikutnya. Beribadah dengan suka ria. Tentu mengharapkan keridhoan dan balasan menjadi orang bertaqwa sebagaimana janji Allah swt pada umatnya.

Semoga ada keajaiban berkah dari bulan Ramadhan untuk Emak dan Bu Ncek bisa segera sehat dan sembuh sedia kala. Menjalani ibadah puasa dan aktivitas harian seperti sebelum sakit. Terutama untuk Emak, minimal bisa untuk berdiri dan berjalan kembali. Aamiin

Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters