Jumat, 22 Januari 2010

JIKA CINTA HARUS MENUNGGU

Cinta merupakan ibarat condongnya hati terhadap sesuatu yang amat menggebu-gebu. Artinya kalau sudah sampai tingkat rindu, rasa itu mampu membawa seseorang menjadi budak bagi yang dicintai bahkan membelanjakan semua demi yang dicintai, meskipun yang dicintai belum tentu mau menerimanya.

Darto, begitulah namanya, banyak orang yang senang bergaul dengannya, meskipun kalau dilihat dari tampangnya, ya…. ngga terlalu enak-enak banget untuk dilihat, berperawakan kurus, rambut sedikit keriting, muka tampak terkesan jadul, meski sudah di vermak berulang-ulang dan kulit hitam manis. Postur tinggi? Ngga juga, tapi bukan cebol.

Pagi ini, dia tampak tidak seperti biasanya. Diam melamun. Duduk di bawah pohon belakang sekolah saat mampu melepaskan diri tidak mengikuti mata pelajaran budi pekerti dengan ditemani Joy, sang sahabat karib. Sudah 10 menit, Joy dibuat bingung oleh tingkahnya yang berubah secara mendadak. “Ada apa ya.. ama nih bocah?” Tanya hati Joy

“To, hei…. ngga kaya biasanya loe diam kaya kodok lagi sakit gigi. Ada apa nih ? anything problem?” Tanya Joy. Darto tetap diam, membisu. Menatap ke depan sambil tak kedipkan mata sekalipun. Padahal, di depannya hanya ada dua ekor kambing yang sedang menyantap makanan siangnya di halaman belakang sekolah. Ngga ada yang lain, cewek cakep lagi mandi gitu?

“Hei To.. ada apa sih? Ngomong dong! Ceritanya loe sekarang udah ngga percaya ama gua lagi nih, oke deh kalo gitu!” Joy berdiri dan beranjak untuk pergi

“Eh.. Joy mau kemana loe?” Darto tiba-tiba menahan Joy

“Ah.. loenya sih, diajak ngobrol malah diem aja. Emangnya loe pikir gua tukang jamu, gua ngomong ke sana-sini loe kaga tanggapin, mending gua balik ke kelas ngeliat si Marni yang bohay, dari pada di sini gua dikacangin sambil ngeliat muka dan tingkah orang yang ngga jelas ”

“Ciele… gitu aja marah, sorry Joy! cini cayang, duduk lagi ama aku, ntar aku beliin permen dah!”

“Sory-sory, enak aja loe beliin permen doang. Bakso Ya?”

“Eh… nawar..! ya udah, yang penting loe nemenin gua disini. Ok”

“Ok. Emang loe ada apaan sih? Kok tumben-tumbenan pake acara diem segala. Ngga punya uang, bilang dong, belum makan, ngapa kaga ngomong. Atau ada konflik ama cewek yang mo loe gebet. cerita dong jangan diem aja”

“ Ah.. belagu loe, bakso aja minta dibeliin, sok-sok nawarin uang!”

“He….He….he…”

“Begini Joy, selama ini loe kan tau siapa cewek idaman gua. Itu si Nela kelas IIc. Nah sekarang-sekarang ini gua lagi ngebet banget pangen cepet-cepet jadian ama dia. Dan loe tau kan bagaimana respon dia akhir-akhir ini ama gua. Iya kan?”

“Iya gua tahu. Kalo gitu apa masalahnya dong? Kan elo bisa aja nembak hari ini juga. Loe ada perasaan positif ke dia, ngapain pake tunggu lama-lama, ntar digebet orang baru tau rasa!”

“Itu dia masalahnya Joy. Selama ini kan gua yakin banget kalo dia itu juga demen ama gua. Soalnya.. kalo gua ketemu dia, gua senyum dia juga balas senyum, waktu gua minjem buku dia juga ngasihin. Waktu gua main kerumahnya gua diizinin padahal loe tau kan, Nella itu cewek yang paling kaga demen rumahnya didatangin ama cowok, terus yang kemarin waktu valentine gua juga diberinya coklat dan ucapan selamat. Coba kalo gitu apa gua masih harus ngeraguin perasaan dia” Darto cerita bersemangat.

“Ah.. loe nya aja yang keburuan ge-er” canda Joy. “trus ngapa loe nggak tembak sekarang”

“Itu dia masalahnya, yang sekarang bikin gua jadi kaya kambing congek. Kemarin, secara ngga sengaja gua ketemu dan ngeliat dengan mata kepala gua sendiri ternyata, si Nella jalan dan gandengan tangan ama si Afek sialan. Tengah hari bolong lagi!. Udah aja, tuh bocah langsung gua deketin dan omelin.”

“Wah… gila berani banget loe! Itu ngelanggar HAM loh. Terus gimana? Seru kayanya ni!”

“Ngga tau ya… mungkin karena gua terlalu cemburu dan langsung emosi ngeliat mereka berdua jalan”

“Terus apa reaksinya?”

“Ini yang lebih nyebelin dan nyakitin. Gua kan bilang ama Nella; kok loe tega-teganya kaya gini di depan gua, emang loe ngga demen gua? Apa coba jawab dia. “Demen loe…, ya ngga lha!” Pas gua Tanya, kalo loe ngga demen gua, terus ngapa loe make ngasih buku segala, nyuruh main kerumah, dan ngasih cokelat buat ngerayaiin valentine? Jawaban dia coba :

“asal loe tahu aja ya, gua ngasih buku ke loe, karena gua tahu loe ngga punya buku itu dan gua kasihan ngeliat loe sering di marahin sama Bapak Nur. Terus kalo loe gua bolehin main kerumah, kan loe tahu sendiri, gua suruh ngapain, dandanin genteng rumah gua yang bocor kan? Dan kalo kemarin waktu valentine ngasih cokelat ke elo, itu pun asal loe tahu juga ya, semua anak sekolah gua kasih. Cuma mungkin loe aja ketiban terakhir nerima dan dapat paling kecil. Jadi jangan ge-er dulu ya…!”

“Gimana coba Joy perasaan loe kalo di gituin? Nyakitin kan? Makanya gua lagi bayangin sekarang, dua kambing di depan itu adalah si Nella dan Afek yang lagi makan siang kemarin” Darto mengakhiri ceritanya. Ngga disangka tanpa disadari butir-butir embun putih menetes dari dua buah kelopak mata yang menahan rindu sekaligus benci atas peristiwa yang telah terjadi.

Joy bengong melihat pemandangan itu. Ngga disangka, selucu-lucu dan senakal-nakalnya seorang Darto, bisa juga merasakan kepahitan hati dan perasaan karena cinta yang tak berbumbu manis.

Keduanya diam membisu. Entah apa yang sedang di pikirkan masing-masing. Samar-samar terdengar nyanyian dari radio milik tukang bakso yang kebetulan lewat di belakang sekolah.

“Baru kusadari cintaku bertepuk sebelah tangan
Kau buat hancur seluruh hatiku ”

Joy memeluk Darto, kemudian mengusap kepalanya. Darto semakin menangis kencang, dan tanpa kami sadari, di sekeliling telah banyak kumpul para siswa-siswi menyaksikan adegan aneh yang “romantis” ini.

“Oh.. nasibbbb !!!!!!!!!!!!! Apeessss !!!!!“ keluh Darto





Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters