Sabtu, 30 Januari 2010

KANDUNGAN ISI AL-QURAN

Ku pikir tidak ada yang aneh atau apalah namanya saat kita harus mengetahui sebenarnya bagaimanakah kita harus bersikap terhadap al-quran yang sama-sama kita akui sebagai kitab suci dan pedoman hidup bagi umat Islam.

Kebanyakan umat muslim, hanya sebatas tahu "luar" al-quran, mereka cukup tahu al-quran adalah kitab suci yang bertuliskan arab dan didalamnya terkandung tuntunan hidup. Tidak lebih. Meski ada juga yang mencoba mempelajari dan membedahnya. Selebihnya umat muslim jarang menyadari bahwa al-quran mempunyai esensi atau isi kandungan yang luar biasa hebatnya jika kita pelajari dan fahami. Sehinga, kita akan bertindak tanduk secara benar sesuai dengan apa yang digaris bawahi oleh Tuhan sang pencipta, Allah SWT.

Al-quran selain untuk dibaca setiap hari, juga berfungsi sebagai pusat informasi. Oleh karena itu, secara garis al-quran mengandung 3 informasi yang harus kita ketahui dan yakini secara umum. 3 informasi itu adalah:

1. Informasi tentang hal-hal ghoib
Di alquran banyak diceritakan tentang 'sesuatu' yang menurut kita berada di luar jangkauan pikiran. Sebut saja al-quran banyak mengungkapkan : Surga, Neraka, Syaithon, Malaikat, Alam kubur, dan sebagainya.
Lantas bagaimanakah kita menyikapi informasi ini ? sebagai gambaran saja, para sahabat sebagai generasi terbaik mengajarkan kepada kita untuk untuk menyingkapi informasi ini dengan "Amantu" artinya saya beriman. titik. Tidak boleh tidak percaya akan adanya hal-hal demikian.

2. Informasi tentang Hukum
Sebagai manusia normal kita tidak terlepas dari aturan main hidup. Terlebih sebagai muslim. Sebab al-quran sebagai pijakan untuk hidup lebih baik banyak memberikan rambu-rambu untuk dapat menjalani hidup sebagaimana yang Allah kehendaki dan Rosulullah ajarkan.
Lantas sikap kita sebagai muslim, sepatutnya menyatakan dan menyakini bahwa kita "Sami'na wa atho'na" artinya kami mendengarkan dan menuruti terhadap info-info yang berkaitan dengan aturan main/hukum dari dalam al-quran.
kalau kita menjalani ini dengan benar, di jamin kita selamat hidup dunia akhirat. Amin

3. Informasi tentang Saintek (ilmu pengetahuan)
Kalau dua informsi sebelumnya bisa kita anggap sebagai informasi yang tidak bisa kita gugat (debat) sehingga bisa diasumsikan kita hanya bisa menerima apa adanya dari al-quran (Allah) maka untuk informasi yang ke-3 ini tidak lagi demikian.
Allah memerintahkan untuk informasi yang ketiga ini kita harus bersikap dengan membaca, menelaah, mengkaji, mendalami, atau mengeksplorasi kandungan ayat yang berisi saintek ini. hal ini dimaksudkan agar kita mengalami kemajuan cara berfikir sehingga menghasilkan kreatifitas dan inovasi atas kemajuan saintek bagi kehidupan umat manusia.

Semoga kita benar-benar bisa mendalami dan menjalankan kandungan isi al-quran yang mulya agar kita bisa menjadi manusia-manusia yang mampu berperan sebagai kholifah fil ardhi yang mampu mensejahterakan manusia di dunia maupun di akhirat.

NYOK KITA BACA DAN PELAJARI AL-QURAN DENGAN BENAR

Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters