Jumat, 29 Mei 2009

Surat Petani dari Jepang

Wakayama, 16 Mei 2009
Kepada Yth,
Bapak RT Nanang & Teman petani
Di kelompok Tani Kalilicin

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin akhirnya sampe juga di Jepang. Buat teman-teman petani Kalilicin, gimana pada sehat semua. Gimana panennya? Mahal ya harga belimbing, jangan-jangan lagi pada nyela, belimbingnya bisa-bisa 1kg harga 10.000, amin.

Pak RT dan teman-teman di Kalilicin, maaf baru bisa kirim surat sekarang, sebab kemarin-kemarin ngga sempet, sibuk banget. Sampe-sampe ngga sempat telepon atau kirim surat.
Pak Yusuf gimana kabarnya “kedongkal” masih ada atau gemblong Mpok Nemblom masih ada?
Alhamdulillah di Jepang saya sehat wal afiat dan bisa menjalankan tugas dengan baik. Untuk itu saya minta doanya terus biar diberi kesehatan, biar bisa menjalankan amanah dari Negara Indonesia, Jawa Barat, Depok dan kelompok Tani Kalilicin. Amin.

Oh iya... Gimana pertemuan bulanan/rapat malam rabu masih kumpul kan?terus gimana perkembangan PUAP, masih tambah maju? Amin. Siapa dulu dong managernya, Pa Ismail.
Oh iya, gimana kabar Ema? Sehatkan? Latif, Fuad, Epoy, Suryadi Cielung, Makmun, gimana sehat? Oh iya ! si Makmun dan kawin belom? Buruan Mun kawin.

Pa Usup juga teman-teman gimana masih sering nonton Sohibul Hikayat nggak? Saya kangen banget nggak denger atau ngeliat lagi ? seneng dan kangen rasanya kalau inget madang siang bareng-bareng di Dapur.

Pak RT Nanang…
Alhamdulillah saya di Jepang dapat di Jeruk, luasnya kurang lebih 5 hektar. Alamatnya di Wakayama (349. Kominami Shimotsu-Cho, Kainan-Shi, Wakayama Jepang) atau saya dapat di propinsi Wakayama, dari Tokyo naik Kanseng (kereta tercepat di dunia) 4 jam sampai Osaka. Naik lagi dari Osaka ke Wakayama 1 jam. Jauh.

Saya sampai di Induk Semang tanggal 24 April 2009. Sebelumnya di Ibaraki 1 minggu dari tanggal 7 April sampai dengan tanggal 15. Kemudian ke Olimpic Center tanggal 15 – 24 April. Di Ibaraki belajar mesin pertanian seperti Traktor, mesin pemotong rumput, mesin semprot dan lain-lain. Pokoknya banyak dan seru. Ngga ada di Indonesia.

Oh iya, saya udah cek di pasar swalayan Jepang bahwa Belimbing ngga ada, untuk pasaran Internasional. Export Jepang kayanya sulit sebab tenggat Residu (obat semprot pestisida) sangat ketat. Kalau saya liat petani kita masih jorok dengan obat pestisida. Tingkat residunya tinggi.

Di Jepang/ di Jeruk, petani menggunakan pestisida dan mereka memakai campur-campur/ dioplos tapi tingkat residunya kecil. Dan itupun penggunaannya tepat sasaran. Contoh bakteri dia pakai sakinday dan seterusnya.

Dalam 1 kali nyemprot, untuk 80are (1 are = 100m) menghabiskan air yang dicampur obat semprot kira-kira 8000-9000 liter, terus nyemprotnya pakai mobil truk kaya Blangwir. Pokoknya seru banget dech…

Oh iya, saya ambil project penelitian di Jeruk yaitu Buah Ujung dan buah Batang pada tanaman jeruk untuk menentukan best Quality: Perbandingan.

Untuk pemasaran di Induk Semang saya merekam menggunakan internet. Lebih canggih lagi. Tapi di Indonesia kayanya belum bisa dikembangkan.

Tolong disampaikan sama teman-teman petani di Kalilicin biar mereka lebih mencintai pertanian dan mencintai petani sebagai pekerjaan bukan sebagai sambilan. Terutama petani-petani muda.

Oh iya.. di Jepang ternyata masalahnya juga sama, yaitu sedikit sekali petani mudanya untuk wilayah ”Shimotsu/Kominami”. Petani mudanya Cuma beberapa orang saja. Salah satunya ada dari Ootosan saya. Dia paling muda umurnya 23/24 tahun. Dia baru pulang magang dari Amerika. Selama 18 bulan/satu setengah tahun.

Saya tinggal di rumah ada 6 orang keluarga Nenek/Kakek, Ibu/Bapak dan 2 orang anak, 1 cewek 25 tahun namanya Mayuko dan 1 laki-laki namanya Tatsuya (23 tahun). Rumah saya di Jepang dekat laut. Kira-kira dari Portal sampai DTC.

Mungkin itu aja informasinya: buat teman-teman saya minta doanya. Biar terus dikasih sehat dan dimudahkan segala urusan.

Cielung jangan lupa kirim Fatihah waktu lagi ngaji dan waktu rapat malam rabu juga kirim Fatihah.

Oh iya pesan saya jaga terus kekompakan di teman-teman petani dan mudah-mudahan PUAP dan P4S nya makin maju terus…

Bang manager “Pa Ismail” maju terus pantat mundur Eeh salah pantang mundur. Lanjutkan PUAP !!

Jangan lupa salam buat Bu Wati dan orang dinas….

Assalamualaikum WR. Wb.

By
Darmuji Boger

Lagi malam senin saya telepon kerumah pak Usup tapi nggak di angkat-angkat jam 7an.
Oh iya telepon saya di Jepang 073-492-1692
Mungkin lebih lanjutnya, bulan-builan berikutnya saya akan kasih informasi lagi buat pak RT dan teman-teman.
Salam buat teman-teman.

Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters