Jumat, 17 April 2009

AKTIVITAS PAGI ...... !!!

dkils-Pagi ini aktifitasku berjalan normal. Meski tadi malam terjadi insiden kecil di secretariat MP3 Depok community, aku tetap bisa menjalani kebiasaan sehari-hari lagi. Ya… walau masih ada perasaan sedih dan dongkol sedikit karena peristiwa itu. Tapi kalau di fikir-fikir, aku tidak sepatutnya dongkol apalagi sampai marah, karena memang pada dasarnya aku yang salah. Aku yang masih menjadi orang plin-plan hingga detik ini, harus merasakan lagi bagaimana pahitnya akibat dari sikap yang selama ini terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Makanya… aku harus bisa merubah sikap itu. Aku harus sebisa mungkin mengganti sikap jelek itu Ya.. walau butuh waktu yang panjang.

Terlepas dari peristiwa itu, yang penting sekarang semua fine-fine saja, semoga semua teman-teman yang berangkat mengikuti acara terlebih saudara N-det (sory ngga bisa nemenin) Ompong, Regay, Agung dan istri bisa selamat sampai tujuan dan kembali dalam keadaan seperti semula. Amin

Berbicara lagi mengenai aktifitasku pagi ini, sungguh mengasyikan. Meski mulai menjenuhkan sich..! bangun pagi, solat subuh, biasanya setelah itu jalan-jalan, lalu menyapu halaman. Tapi tidak (mungkin masih ada imbas kejadian tadi malam) pagi ini. Setelah solat aku langsung nonton DVD film Punisher. Secara umum esensinya menceritakan seseorang jagoan yang melakukan balas dendam terhadap musuhnya karena telah membantai seluruh keluarganya tanpa terkecuali.Itupun karena sang jagoan akibat dari telah membunuh putra musuhnya yang ternyata pekerjaanya adalah Bandar senjata gelap. Sampai akhirnya…, pasti tau dong! sang jagoanlah yang menang (film holywodd githu lho) dan Jhon Travolta selaku pemeran utama layaknya jagoan-jagoan lain dalam film bisa juga menemukan kepuasan dan kebanggaan karena telah mampu balas dendam untuk keluarganya (sikap yang tidak layak ditiru)

Setelah itu langsung makan. Biasa, lauk tahu, sayur kangkung, ikan asin, dan sambal tomat pedas. Sayang Emak tidak beli lalapannya. Ada sih daun, tapi aku ngga suka. Jadilah makan apa adanya. Tapi nambah lho. Enak…! Mantap… !

Dalam kesendirian, aku melamun. Diiringi gemericik air sanyo dan bunyi gosokan-gosokan pakaian dicuci, di sebelah kamar mandiku, aku asyik nongkrong menikmati masa-masa indah karena bisa membuang isi perut sisa makanan kemarin yang masih ada, di sudut sebelah kanan kamar mandi. Aku tersenyum sendiri sambil mengamati sekeliling isi kamar mandi. Suatu saat terkadang juga aku ngeden, mencoba mengerahkan sebagian tenaga untuk segera bisa mengeluarkan kotoran, yang sepertinya ogah untuk meninggalkan dunia dalam perut (kata orang sih, kalau pengen melihat wajah kita dalam bentuk yang paling jelek adalah saat ngeden itu, he…) sungguh nikmat lho setelah melewati masa –masa ini , apalagi kalau sampai keluar. Uh….. !

Lima menit berlalu, ternyata aku masih belum puas karena belum mengeluarkan semua. Terus saja aku asyik nongkrong, tak menggubris panggilan kakak yang katanya ada teman menunggu di ruang tamu. “Masa bodo… orang lagi seneng kok di ganggu” umpat batinku.

Pikiran melayang, entah kemana perginya. Layaknya seorang pengembara yang berjalan tak tentu arah, meski sebenarnya pikiranku sedang mencari inspirasi baru untuk menulisatau memikirkan suasana yang terjadi akhir-akhir ini tentang makin banyaknya masalah yang terjadi di sekitar kita. Bukan sok-sokan untuk menjadi pemikir, tapi semuanya pasti mengakui kalau di saat-saat seperti ini kadang banyak sekali ide-ide dan inspirasi kita dapatkan. Bukankah begitu?

Aku bingung. Masih sempat-sempatnya orang buang sampah sembarangan. Padahal kita sama-sama tahu dan merasakan dampak akibat dari tindakan salah itu, baru saja, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi, sebab intensitas turun hujan lebat menurut BMG masih bisa saja terjadi lagi. Makanya kita harus waspada meski kini banjir sudah mulai susut. Mau tertimpa lagi ? tentu tidakkan?

Yang lebih membingungkan dan mengironiskan adalah sampah itu ternyata di buang oleh petugas pembuangan sampah akibat banjir di Jakarta dan sekitarnya. Memang pada awal prosedurnya, sampah-sampah sampah ini akan dibuang di tempat pembuangan sampah Bantar Gebang Bekasi, tapi ditengah perjalanan , tidak tahu ada angin atau suara setan apa yang masuk pada petugas itu, ternyata sampah dibuang di tengah jalan desa Jonggol di Kota Bogor, tidak tanggung-tanggung lima truk sampah sekaligus secara diam-diam (Kompas 15:02:05)

Ini tentu kejadian yang amat luar biasa dan menganehkan, karena di tengah-tengah elemen masyarakat berupaya mengkampanyekan hidup sehat dan bersih, yang salah satunya dengan gerakan membuang sampah pada tempatanya, justru dari pihak yang seharusnya memberi contoh baik melakukan contoh yang tidak sepatutunya di lakukan. Terlalu !

Kita tidak bisa berharap banyak kepada pihak yang terkait untuk meminta tanggung jawab atas peristiwa memalukan itu. Satu yang paling penting, yang bisa kita lakukan adalah meminta semoga kejadian ini tidak terulang lagi di manapun tempatnya. Sebab kalau hal-hal yang mungkin mereka anggap ini sepele terus terjadi; kita tidak akan menunggu lama-lama lagi akan “serangan” bencana yang lebih besar. Naudzhubilaah.

Kampanye kita untuk menyadarkan orang agar hidup sehat tentu akan lebih bermaknadan mempunyai hasilkalau masing-masing diantara kita sudah juga mempunyai kesadaran pribadi untuk selalu hidup sehat. Jangan berkoar kalau kita belum mampu memulai dari diri sendiri.

Tak terasa sepertinya lima belas menit telah berlalu. Aku masih asyik dengan aktifitas nonkrong. Tapi rasanya, kaki dan punggungku mulai pegal. Aku segera menyudahi rutinitas kewajiban tiap pagi ini. Ya… minimal satu kali dalam sehari. Buang penyakit, begitu kata orang.

Mandiku tidak selama waktu aku nongkrong tadi. Tidak sampai lima menit, aku selesai. Ngga perlu bersih-bersih amat (lho tadi katanya harus hidup bersih, he.. jadi malu, diralat dech). Udah bersih kok! Ya.. meski ngga sebersih mandinya para artis. Maklum, kakak sudah ngantri dan nunggu di luar, jadinya ngga bisa lama-lama lagi.

Badan segar, pikiran juga jadi segar. Segera kuambil bukudan spidol tercintaku. Aku mulai merangkai kata-kata, menulis aktifitasku dari pagi hingga selesanya tulisan ini. Setelah itu, nonton tv rupanya jadi aktifitas selanjutku. Ku tutup segera tulisan indah ini. Sambil berucap: yang mencintaimu.. my inspirasi

Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters