Sabtu, 12 Mei 2012

Kus-Kus Si Pemalu


Sumpah.. katro banget gua. Udah setua ini baru tau ada binatang yang amat sangat pemalu. Kalo dipikir ‘kemana bae emang selama ini? Bujug dah..’

Berawal dari pagi yang cerah, gua berangkat beraktifitas sebagaimana mestinya. Meski ini hari beda jam masuknya dari hari biasanya, gua manfaatin sisa waktu sebelum masuk gawe dengan mampir di salah satu base camp club motor MP3 Depok Comunity(Motor Puyeng 3 Tahun). Sang direktur bengkel sedang duduk asyik menghisap rokok ditemani segelas kopi liong. Serupuuutttt……

Dia nyambut gua dengan senyum terhangat seperti sinar matahari pagi ini. Ngobrol ringan pun terjadi. Tema apa bae dibahas. Sampai pada dia bercerita, kalo dia mendapatkan hewan bernama Kus-kus. Gua kaget. Jelas sangat kaget. Sebab setau gua nama Kus-kus adalah milik seorang pelawak Indonesia (sudah almarhum kalau tidak salah). Tapi ternyata dia tidak bohong.

Dia keluarkan hewan itu beserta dengan kandangnya. Ngga gede. Tapi ngga juga dibilang kecil. Umuran anak smp lah kalo pake umur manusia. Hehehehe.. (sotoy gua).
(Jangan Bengong Kus....)

Gua deketin. Perjelas ngeliat tubuhnya. Sekilas gua pikir dia kayak monyet. Struktur wajahnya, bentuk tangan dan kakinya, juga tubuhnya. Semakin penasaran, gua pegang dia pake kayu. And… what happen? Aya naon? Ono opa? Apa yang terjadi?

Dia bertingkah aneh nihh. Malu. Membenamkan wajahnya ke tengah kakinya. Mirip orang yang lagi meringkuk kedinginan. Wah.. wah… wah…

(Eeehh... Dia malu... Ayo napaaa?)

Jadi ngingetin gua ama tumbuhan bernama putri malu nie. Yang kalo disentuh dikit aja, bisa nutup diri (daun)

Jujur gua baru tau.

Dan gua baru ngalamin ini. Ngeliat Kas-kus dengan tingkah malunya. Jadi penasaran. Banyak pertanyaan jadinya di benak gua.

Kenapa dia malu yaaa? Apa yang dia maluin yaa? Sebenarnya dia malu atau takut yaa? Kalo takut, apa yang ditakutin yaa? Kenapa mesti takut? Apa yang ada di benak Kus-kus yaa sampe dia ngumpetin wajah? Gimana kalo dia ketemu lawan jenisnya dounh? Gimana pacarannya yaa?

Terus aja pertanyaan-pertanyaan centil itu muncul. Sampe akhirnya gua mutusin wat nanya ama mbah google. Dan ternyata….

Kuskus merupakan salah satu mamalia berkantung yang ada di Indonesia. Seperti kanguru, kuskus betina melahirkan anaknya kemudian merawat dan membawa anaknya dalam kantung yang terdapat di perutnya.
Kuskus sering dianggap hewan yang sama dengan kukang, padahal keduanya berbeda. Ciri utama kus-kus selain kantong yang terdapat di perutnya adalah bentuk muka yang bundar dengan daun telinga yang kecil, serta bulu yang lebat.
Selain itu kuskus mempunyai ekor yang panjang dan kuat yang berfungsi sebagai alat untuk berpegangan saat berpindah dari satu dahan ke dahan lainnya. Ekor kuskus juga menjadi senjata pertahanan dengan cara mengaitkan ekornya kuat-kuat pada batang atau cabang pohon.
Kuskus merupakan binatang herbivora dengan makanan utama dedaunan dan buah-buahan. Satwa yang sangat pendiam ini hidup secara soliter. Kuskus merupakan satwa australis yang persebarannya terbatas di Indonesia bagian timur (Sulawesi, Maluku, Papua), Australia dan Papua New Guinea.
Kuskus terbesar adalah kuskus beruang (Ailurops ursinus) yang panjang tubuhnya mencapai 1 meter lebih. Sedangkan jenis kuskus terkecil adalah kus-kus kerdil yang memiliki panjang tubuh hanya 29-38 cm dengan berat hanya 1 kg.
Selain dianggap sebagai spesies yang sama dengan kukang, orang juga lebih sering menganggap kuskus sebagai satu spesies. Padahal kuskus terdiri atas beberapa spesies yang terkelompokkan dalam 5 genus yakni Ailurops, Phalanger, Spilocuscus, Strigocuscus, dan Trichosurus.
http://alamendah.wordpress.com/2010/10/07/mengenal-kuskus-mamalia-berkantung/

aaahhh… ternyata lom puas gua.

Ada yang bisa bantu jawab pertanyaan-pertanyaan gua nggak???


 (Ngape loeee semuaaa liat-liat..????)


Tidak ada komentar:

Pengikut

S e l a m a t D a t a n g di Cielung Dkils

TAMU "Gelisah"

free counters